Kamis, 29 Juni 2023

Pasar Terpadu Produk Siswa SMK

Pasar Terpadu Produk Siswa SMK

Oleh: Abdul Rosyid *)

Pemasaran merupakan aktivitas utama di antara empat aktivitas managerial yang menyatu dalam sebuah usaha, besar maupun skala kecil menengah. Tiga ranah lainnya; produksi, keuangan, dan SDM.

Pemasaran produk-produk siswa siswi SMK merupakan upaya kongkrit sosialisasi produk-produk terbaik yang telah dihasilkan oleh mereka, para siswa kreatif mandiri, baik ketika praktikum, PKL, magang, maupun setelah mereka lulus.

Produk siswa merupakan akumulasi dari KBM yang telah mereka ikuti. Prestasi tersebut tidak cukup disimpan di gudang "pengap" yang dibuka ketika ada intstruksi pameran produk oleh Kemdikbudristek di level atasnya. Semestinya disediakan tempat yang dapat di-akses oleh siapapun dan kapanpun serta dimanapun. Salah satunya adalah Pasar Terpadi Produk Siswa SMK.

Pasar Terpadu Produk Siswa SMK akan menjadi jembatan utama menuju pasar yang sesungguhnya, baik pasar di ranah lokal maupun global.

Kunjungi Blog berikut Masuk Pasar Online 

Daftarkan produk di SINI (Gratis). Untuk info lebih lanjut silahkan kontak ke 0818262518 atau send email ke abdulrosyiid1967@gmail.com 

___________

*) Abdul Rosyid Ahmad Djailani, 56 tahun, pernah mengajar di STIPAP Medan SUMUT, (sekarang ITSI) Kampus 3 Aceh Tamiang Propinsi Aceh, Kepala Sekolah di SMA dan SMK serta Dosen di Poltek LPP Yogyakarta, serta tercatat sebagai Pelatih Daerah PPKB GPAI Kab. Sleman DIY.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar