Minggu, 20 Agustus 2023

Jakarta Paru-paru Dunia, Jakarta Jantung Dunia

 JPPD JJD

disadur oleh :

Abdul Rosyid Ahmad Djailani

Diperhatikan dari logika bahwa segala sesuatu itu bisa ada karena diciptakan. Jadi ada penciptanya, kecuali Tuhan. Tidak berawal dan tidak pula berakhir. Tuhan berada dengan sendirinya.

Jika disodorrkan pendapat AI, maka JPPD, JJD diilustrasikan sebagai berikut;

Jakarta Paru-paru Dunia, Jakarta Jantung Dunia adalah kalimat yang mengandung makna metaforis dan patriotis. Jakarta adalah ibu kota Indonesia yang menjadi pusat pemerintahan, ekonomi, budaya dan pendidikan. Jakarta juga memiliki populasi terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, dengan lebih dari 10 juta jiwa. Jakarta memiliki peran penting bagi Indonesia dan dunia, namun juga menghadapi berbagai tantangan, salah satunya adalah polusi udara.

Berdasarkan data Air Quality Index (AQI), Jakarta seringkali memiliki kualitas udara yang buruk atau tidak sehat, bahkan terburuk di dunia12. Polusi udara di Jakarta disebabkan oleh berbagai faktor, seperti emisi kendaraan bermotor, pembakaran sampah, aktivitas industri, pembangunan infrastruktur dan kebakaran hutan3. Polusi udara dapat berdampak negatif bagi kesehatan penduduk Jakarta, terutama pada sistem pernapasan dan jantung452. Polusi udara juga dapat mengurangi harapan hidup dan kualitas hidup penduduk Jakarta5.

Untuk menjaga kesehatan paru-paru dan jantung Jakarta, diperlukan upaya bersama dari pemerintah, masyarakat dan sektor swasta untuk mengurangi polusi udara. Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah meningkatkan penggunaan transportasi umum yang ramah lingkungan, mengurangi pembakaran sampah, menanam pohon dan tanaman hijau, mengawasi aktivitas industri dan pembangunan yang berpotensi mencemari udara, serta memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan123.

Apakah Anda setuju dengan kalimat Jakarta Paru-paru Dunia, Jakarta Jantung Dunia? Atau apakah Anda memiliki pendapat atau saran lain tentang masalah polusi udara di Jakarta?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar