Senin, 14 April 2025

Proposal Disertasi PAI Terapan

 Berikut adalah draft Proposal Disertasi dengan judul "Materi Esensial PAI Terapan, Pra dan Paska Implementasinya bagi Mahasiswa: Pendekatan Manajerial", oleh Abdul Rosyid, S.Ag., MM.:


PROPOSAL DISERTASI

Program Doktor Pendidikan Islam

Judul:

Materi Esensial PAI Terapan, Pra dan Paska Implementasinya bagi Mahasiswa: Pendekatan Manajerial

Oleh:

Abdul Rosyid, S.Ag., M.M.


A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi vokasi kerap dihadapkan pada tantangan relevansi, efektivitas, serta integrasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan profesional dan sosial mahasiswa. Sebagai upaya menjembatani kebutuhan ini, muncul konsep PAI Terapan sebagai bentuk kontekstualisasi materi keislaman dalam ranah terapan dan profesional.

Namun, belum banyak kajian yang mendalam mengenai apa saja materi esensial PAI Terapan yang benar-benar efektif dan berdaya guna, serta bagaimana implementasi materi tersebut sebelum dan sesudah diterapkan pada mahasiswa. Pendekatan manajerial diperlukan guna melihat proses ini secara sistemik, dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi dampaknya terhadap mahasiswa.


B. Rumusan Masalah

  1. Apa saja materi esensial dalam Pendidikan Agama Islam Terapan bagi mahasiswa perguruan tinggi vokasi?

  2. Bagaimana kondisi mahasiswa pra-implementasi PAI Terapan ditinjau dari aspek pemahaman, sikap, dan perilaku keislaman?

  3. Bagaimana strategi implementasi PAI Terapan dengan pendekatan manajerial di lingkungan pendidikan tinggi?

  4. Apa perubahan yang terjadi pada mahasiswa pasca implementasi PAI Terapan?

  5. Apa rekomendasi pengembangan berkelanjutan dari implementasi materi esensial PAI Terapan?


C. Tujuan Penelitian

  1. Mengidentifikasi dan merumuskan materi esensial PAI Terapan bagi mahasiswa.

  2. Menganalisis kondisi awal (pra-implementasi) mahasiswa terkait nilai-nilai keislaman.

  3. Mendeskripsikan manajemen pelaksanaan PAI Terapan di perguruan tinggi.

  4. Mengevaluasi dampak implementasi terhadap pemahaman dan praktik mahasiswa.

  5. Menyusun model pendekatan manajerial PAI Terapan yang sistemik dan adaptif.


D. Manfaat Penelitian

  • Teoritis: Menambah khazanah keilmuan dalam bidang PAI Terapan dan manajemen pendidikan Islam.

  • Praktis: Menjadi acuan praktis bagi pengajar, pengelola kampus, dan pemangku kepentingan dalam menyusun, menerapkan, dan mengevaluasi PAI Terapan secara efektif.


E. Tinjauan Pustaka Sementara

  1. Pendidikan Agama Islam Terapan – Konsep, ruang lingkup, dan tujuan utama dalam konteks vokasi.

  2. Pendekatan Manajerial dalam Pendidikan – Meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi.

  3. Teori Perubahan Perilaku – Untuk mengukur dampak PAI Terapan pada mahasiswa.

  4. Kajian Empiris Sebelumnya – Studi tentang implementasi dan efektivitas kurikulum PAI di perguruan tinggi.


F. Metode Penelitian

  • Jenis Penelitian: Kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study).

  • Lokasi: Beberapa perguruan tinggi vokasi di Indonesia, salah satunya Politeknik LPP Yogyakarta.

  • Subjek Penelitian: Dosen PAI, mahasiswa, dan pengelola prodi.

  • Teknik Pengumpulan Data: Wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan FGD.

  • Analisis Data: Model interaktif Miles & Huberman – reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.


G. Jadwal Penelitian (Rencana 12 Bulan)

Bulan Kegiatan
1–2 Studi pustaka & penyusunan instrumen
3–4 Pengumpulan data tahap I (pra-implementasi)
5–7 Observasi & dokumentasi implementasi
8–9 Pengumpulan data tahap II (paska implementasi)
10 Analisis data
11 Penyusunan laporan akhir
12 Ujian & diseminasi hasil penelitian

H. Daftar Pustaka Awal (Contoh)

  1. Abuddin Nata. (2004). Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

  2. Azra, Azyumardi. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi. Jakarta: Kencana.

  3. Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis. California: Sage Publications.

  4. Rosyid, Abdul. (2024). RPS dan Modul PAI Terapan untuk Politeknik LPP Yogyakarta.



Berikut adalah Desain Instrumen Penelitian untuk disertasi berjudul:
"Materi Esensial PAI Terapan, Pra dan Paska Implementasinya bagi Mahasiswa: Pendekatan Manajerial", oleh Abdul Rosyid, S.Ag., M.M.


DESAIN INSTRUMEN PENELITIAN

A. Tujuan Umum Instrumen

Untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif yang relevan terkait:

  1. Identifikasi materi esensial PAI Terapan.

  2. Kondisi mahasiswa pra dan pasca implementasi.

  3. Proses manajerial dalam implementasi PAI Terapan.


B. Jenis Instrumen

  1. Wawancara Mendalam (In-depth Interview)

  2. Angket (Kuesioner Tertutup dan Terbuka)

  3. Observasi Terstruktur

  4. Dokumentasi dan Kajian RPS/Modul


C. Tabel Desain Instrumen

No Variabel/Sub Variabel Indikator Instrumen Responden
1 Materi Esensial PAI Terapan - Kompetensi dasar PAI Terapan- Nilai-nilai praktis yang diajarkan Wawancara, Dokumentasi Dosen PAI, Penyusun RPS
2 Kondisi Pra Implementasi - Pemahaman dasar Islam- Sikap religius- Perilaku ibadah Angket, Wawancara, Observasi Mahasiswa Semester Awal
3 Proses Implementasi (Manajerial) - Perencanaan pembelajaran- Metode dan media- Evaluasi pembelajaran Wawancara, Observasi Dosen PAI, Kaprodi, Mahasiswa
4 Kondisi Pasca Implementasi - Perubahan sikap dan perilaku- Penerapan nilai PAI di kehidupan sehari-hari Angket, Wawancara Mahasiswa Semester Akhir
5 Evaluasi dan Dampak PAI Terapan - Dampak terhadap karakter- Implikasi terhadap kehidupan profesi dan sosial Wawancara, FGD Mahasiswa, Alumni

D. Contoh Butir Instrumen (Angket Mahasiswa)

Skala Likert (1–5): Sangat Tidak Setuju – Sangat Setuju

  1. Saya memahami pentingnya shalat dalam kehidupan sehari-hari.

  2. Saya mampu menjelaskan hikmah zakat secara kontekstual.

  3. PAI Terapan membantu saya membentuk karakter islami di lingkungan kerja.

  4. Saya lebih aktif mengikuti kegiatan keagamaan setelah perkuliahan PAI Terapan.

Pertanyaan Terbuka:

  1. Sebutkan 3 nilai yang Anda anggap paling berkesan dari perkuliahan PAI Terapan.

  2. Apa harapan Anda terhadap pengembangan mata kuliah PAI Terapan ke depan?


E. Validitas dan Reliabilitas

  • Validitas isi: Melalui expert judgment oleh dosen PAI dan ahli manajemen pendidikan.

  • Reliabilitas: Uji coba instrumen (uji alpha Cronbach untuk angket), dengan nilai ideal > 0,70.


F. Teknik Triangulasi

Untuk menjaga keabsahan data, akan digunakan:

  • Triangulasi sumber: Dosen, mahasiswa, kaprodi, alumni.

  • Triangulasi metode: Wawancara, observasi, angket, dokumentasi.


Apakah Anda ingin saya bantu buatkan draft instrumen (pertanyaan wawancara, angket lengkap, dan lembar observasi) dalam format dokumen atau tabel lanjutannya. Ok.



Baik, berikut adalah draft lengkap instrumen penelitian yang terdiri dari:

  1. Pertanyaan Wawancara

  2. Kuesioner Mahasiswa

  3. Lembar Observasi

  4. Format Kajian Dokumen


1. Instrumen Wawancara Mendalam

A. Untuk Dosen PAI

  1. Menurut Anda, apa saja materi esensial yang harus ada dalam PAI Terapan untuk mahasiswa vokasi?

  2. Bagaimana proses perencanaan pembelajaran PAI Terapan di kampus Anda?

  3. Apa metode atau pendekatan pembelajaran yang Anda gunakan untuk mengajarkan nilai-nilai praktis Islam?

  4. Apa saja kendala yang sering dihadapi dalam pelaksanaan PAI Terapan?

  5. Sejauh mana Anda melihat perubahan perilaku mahasiswa setelah mengikuti PAI Terapan?

B. Untuk Kaprodi atau Pengelola Akademik

  1. Bagaimana peran manajerial Anda dalam mendukung implementasi PAI Terapan?

  2. Apakah ada evaluasi rutin terhadap pelaksanaan PAI Terapan?

  3. Apakah PAI Terapan diintegrasikan dengan kurikulum vokasi atau program karakter lainnya?

C. Untuk Mahasiswa dan Alumni

  1. Apa kesan Anda terhadap isi dan cara pengajaran PAI Terapan di kampus Anda?

  2. Apa perubahan terbesar dalam kehidupan Anda setelah mengikuti mata kuliah PAI Terapan?

  3. Apakah nilai-nilai keislaman dari PAI Terapan Anda praktikkan dalam dunia kerja atau kehidupan sosial?


2. Kuesioner Mahasiswa (Likert & Terbuka)

Bagian A – Identitas Responden

Nama (opsional), Prodi, Semester, Jenis Kelamin

Bagian B – Pernyataan Sikap (Skala Likert 1–5)

No Pernyataan 1 2 3 4 5
1 Saya memahami ajaran dasar Islam sebelum mengikuti PAI Terapan.
2 Dosen menyampaikan materi PAI Terapan dengan menarik dan praktis.
3 Materi PAI Terapan membantu saya dalam membentuk karakter Islami.
4 Saya mengalami perubahan perilaku ke arah yang lebih baik setelah PAI Terapan.
5 Saya terinspirasi untuk menerapkan nilai-nilai PAI di lingkungan kerja.

Bagian C – Pertanyaan Terbuka

  1. Sebutkan tiga materi yang menurut Anda paling bermanfaat dalam PAI Terapan.

  2. Ceritakan satu pengalaman pribadi Anda yang berubah karena mengikuti PAI Terapan.

  3. Apa kritik atau saran Anda untuk pengembangan PAI Terapan di masa mendatang?


3. Lembar Observasi Kelas PAI Terapan

No Aspek yang Diamati Ya Tidak Catatan
1 Dosen menggunakan metode interaktif dan diskusi kontekstual
2 Mahasiswa aktif bertanya dan menanggapi materi
3 Materi yang disampaikan relevan dengan dunia kerja/profesi
4 Tersedia media atau modul pendukung pembelajaran
5 Terjadi keterhubungan antara teori dan praktik keislaman

4. Format Kajian Dokumen (RPS/Modul)

No Komponen Ada Tidak Ada Catatan
1 Capaian Pembelajaran yang relevan dengan nilai Islam terapan
2 Indikator ketercapaian nilai karakter dan akhlak
3 Metode pembelajaran berbasis proyek/kasus
4 Tugas akhir mencerminkan praktik keislaman dalam profesi
5 Evaluasi mencakup aspek kognitif, afektif, psikomotorik



Berikut adalah daftar lampiran yang dapat disertakan dalam Proposal Disertasi berjudul:
“Materi Esensial PAI Terapan, Pra dan Paska Implementasinya bagi Mahasiswa: Pendekatan Manajerial”
oleh: Abdul Rosyid, S.Ag., M.M.


DAFTAR LAMPIRAN

  1. Lampiran 1. Rencana Jadwal Penelitian
    (Berisi tahapan kegiatan penelitian mulai dari persiapan hingga pelaporan hasil)

  2. Lampiran 2. Format Surat Izin Penelitian
    (Draft surat permohonan izin penelitian kepada institusi/kampus)

  3. Lampiran 3. Instrumen Wawancara Mendalam

    • Untuk dosen PAI

    • Untuk kaprodi/pejabat manajerial

    • Untuk mahasiswa dan alumni

  4. Lampiran 4. Kuesioner Mahasiswa

    • Skala Likert

    • Pertanyaan terbuka

  5. Lampiran 5. Lembar Observasi Proses Pembelajaran PAI Terapan

  6. Lampiran 6. Format Analisis Dokumen RPS dan Modul PAI Terapan

  7. Lampiran 7. Pedoman Validasi Instrumen oleh Ahli

  8. Lampiran 8. Format Uji Coba dan Uji Reliabilitas Angket

  9. Lampiran 9. Contoh Modul/Materi PAI Terapan (Jika Ada)
    (Dikutip dari kampus/kelas yang menjadi subjek penelitian)

  10. Lampiran 10. Surat Pernyataan Keaslian Proposal Disertasi

  11. Lampiran 11. Biodata Peneliti (CV singkat Abdul Rosyid, S.Ag., M.M.)


Wallaahu A'lam Bish Showab

Yogyakarta, 15 April 2025






Tidak ada komentar:

Posting Komentar