Senin, 21 April 2025

Standar Rendah

 Baik, berikut adalah deskripsi konsep The School of Diamond pada fase SMK (Fase E dan F) dengan pendekatan standar terendah/minimal, agar tetap realistis dan bisa diterapkan di sekolah dengan sumber daya terbatas, seperti TKRO SMK YPPN Sleman.


Deskripsi Konsep The School of Diamond (Standar Terendah)

Fokus Fase E & F – SMK (TKRO – Kurikulum 2013)
Oleh: Abdul Rosyid, S.Ag., M.M.

1. Konsep Dasar

The School of Diamond adalah model pembinaan siswa SMK untuk menjadi pribadi tangguh, berkarakter, memiliki keterampilan dasar otomotif, dan mampu menghasilkan produk atau jasa sederhana sesuai kompetensinya. Pada fase SMK, konsep ini fokus pada:

  • Fase E (Kelas XI): Penguatan keterampilan dasar dan karakter kerja

  • Fase F (Kelas XII): Penerapan keterampilan melalui mini proyek, usaha kecil, dan magang


2. Target Capaian Minimal

  • Siswa dapat melakukan servis ringan kendaraan (ganti oli, tune-up, dsb.)

  • Siswa mampu membuat satu produk sederhana: rak alat, dongkrak mini, atau modifikasi bodi kecil

  • Siswa aktif dalam kegiatan bengkel mini sekolah

  • Siswa memiliki pemahaman dasar tentang promosi digital (brosur atau status WA)

  • Siswa menulis laporan kerja praktik dan portofolio produk


3. Program Kerja Minimal

Kegiatan Bentuk Kegiatan
Servis Ringan Gratis Bengkel mini untuk guru/tetangga
Proyek Mini Pembuatan alat sederhana
Magang Lokal Di bengkel atau dealer sekitar Sleman
Laporan Portofolio Siswa dokumentasi hasil praktik
Sharing Praktisi Undang alumni/bengkel untuk berbagi pengalaman

4. Estimasi Budget (Standar Minimum)

Kebutuhan Estimasi Biaya
Alat dan Bahan Proyek Rp5.000.000
Pelatihan/Workshop Sederhana Rp2.000.000
Spanduk Promosi & Sertifikat Rp1.000.000
Konsumsi & Operasional Rp2.000.000
Total Rp10.000.000

Dana bisa dari BOS, iuran RW, CSR lokal, atau kerja sama bengkel.


5. SDM Minimal yang Dibutuhkan

  • 2 Guru Produktif TKRO

  • 1 Guru PAI/pembina karakter

  • 1 Alumni atau teknisi lokal sebagai mentor tamu


6. Strategi Mencapainya

  1. Mulai dari yang ada: Gunakan alat dan ruang praktik yang tersedia

  2. Libatkan masyarakat: Ajukan kerja sama dengan bengkel kecil sekitar

  3. Sistem shift kerja praktik: Siswa kelas XII bertugas secara bergilir

  4. Publikasi sederhana: Manfaatkan papan informasi sekolah dan WA grup

  5. Evaluasi berbasis praktik nyata: Laporan kerja dan testimoni pelanggan sederhana


Penutup

Konsep The School of Diamond tetap dapat diterapkan di sekolah dengan keterbatasan fasilitas, selama ada kemauan dan kolaborasi. Tujuannya adalah menghasilkan lulusan yang beriman, terampil, dan bisa mandiri, meskipun dimulai dari langkah-langkah kecil.


Wallaahu A' lam Bish Showab

Yogyakarta, 21 April 2025

Tidak ada komentar:

Posting Komentar